SUNAT ADAT FOCOLODO BOAWAE.

0
4

Kaum laki-laki, seperti halnya kaum perempuan, perlu melakukan inisiasi atau pendewasaan diri secara adat. Inisiasi atau pendewasaan diri tersebut dapat dilakukan melalui sunat. Sunat dalam masyarakat Nagekeo selalu mengarah kepada kaum laki-laki yang secara fisik dan mental siap untuk menjadi dewasa dan siap tampil dalam masyarakat.

Di Nagekeo sendiri, ada perbedaan pandangan tentang sunat di beberapa sub-etnis berkaitan dengan pemaknaan ritual sunat. Sunat, bagi sebagian besar sub-etnis di Nagekeo, diyakini sebagai pemicu diri ( tau weki )dalam bahasa adat Focolodo sekaligus pengukuhan dewasa sehingga bisa terlibat dalam acara adat atau juga disebut pematangan kedewasaan.

Hal tersebut berbeda dengan masyarakat di wilayah Boawae salah satunya adalah masyarakat adat Focolodo.  Di Boawae, sunat secara fisik merupakan ritual yang dilakukan oleh seorang anak laki-laki, atau disebut juga pengukuhan seorang pemuda. Dalam ritual sunat tersebut, anak laki-laki Focolodo biasanya melakuka pemandian dan diikuti dengan pengesahan badan secara simbolis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here